Kamis, 01 September 2011

Perancis guysss

gue baru tau ternyata nenek gue pernah kuliah di Perancis!!! yaampun tadi gue cerita-cerita dan nanya-nanya. beliau bilang, beliau punya banyak kenalan orang-orang besar disana dan gue bakal dibantu kalo mau sekolah disana. allhamdulilaaahhh, semoga dibantu beneran. amin. beliau cerita orang-orang perancis ramah-ramah banget. kalo german katanya galak-galak, kalo spanyol kasar. dan nenek gue bilang Bimo cocok di German. wakkakak


oiya jadi tuh ya, cucu nya beliau katanya kerja di kedutaan perancis gitu (kalo gasalah) namanya Sally.
dan beliau bilang biaya hidup disana muraaaaah. katanya lebih murah disana drpd disini. dan yang paing gemerlap di otak gue adalah France adalah tempat untuk music, parfume, art, fashion, nightlife, dll pokoknya seni banget! trs disana hidup 24 jam, maksudnya jam 2am pun masih rame dan sepertinya itu gue banget. hhahaha


mobil disana juga lebih murah (kata ayah gue) dan disana tenaga kerja sangat dihargai. kalo disana, Tukang sapu aja pake jas bawa mobil dan INSINYUR. udah gitu cuci piring/motong rumput digaji 150$ per jam. itu adalah sesuatu banget buat gue. hhaha gue sempet bercita-cita jadi tukang cuci piring. tapi gajadi.


kalo di indonesia, kerja jadi tukang sapu kan krn ga pintar kan. kalo disana enggak. disana, manusia bener-bener dihargai. jasanya dihargai. kalo disini? apakah tukang cuci piring dihargai? jangankan tukang cuci piring, orang kantoran aja yang kerja pagi-malem itu digaji 2 juta-an per bulan (kata ayah gue ya,hehe). disana 150$ per jam, kalo dikali 8jam/hari udah 1200$ dikali 30hari = 36000$. 1$ itu sekitar 9ribu rupiah lah. itu udah wooow banget


oiya biaya hidup di sana


biaya perbulan dari situs yang gue bawa 350-500euro. 1euro= 12.665 (anggap aja 13rb lah). 500euro itu = 6,5juta. Tapi ingat, mahasiswa selama musim libur tahunan antara Juli-September (3 bulan) dan Januari-Maret (3 bulan) dapat bekerja full time, dimana mahasiswa mendapatkan upah sekitar 300-700 Euro/bulan. Juga, dalam kurun waktu 4 (empat) tahun kuliah, mahasiswa wajib untuk magang bekerja di industri dengan upah sekitar 300-700 Euro/bulan selama 2 semester penuh (8 bulan). Jadi biaya hidup mahasiswa bisa sangat berkurang dan ringan. 700/bulan sedangkan yang dibutuhkan cuma 500/bulan :D 200euro nya bisa gue beliin kaset ps yang banyak buat ade gue~


gue jd semangat bangeet dan berharap banget bisa kuliah beneran disana. doain yaa, kalian juga sukses di SMA nyaaa. semoga ber prestasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bestfriend

Bestfriend
alesan kami jadi temen